Sabtu, 06 Agustus 2011

Delegasi Sabang Bertemu 30 Pengusaha Belanda


Delegasi Sabang Bertemu 30 Pengusaha Belanda

Posted By: admin on Jul 25, 2011 in Berita



Den Haag (21/07/2011). Kuasa Usaha Kedutaan Republik Indonesia  untuk Kerajaan Belanda Umar Hadi membuka Pertemuan Bisnis delegasi Pemerintah Kota Sabang dan BPKS yang  dihadiri sekitar 30 pengusaha Belanda di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Den Haag Kamis (21/07/2011) pukul 14.00 waktu setempat.  Delegasi Sabang yang sudah hampir seminggu melakukan promosi pariwisata dan investasi Sabang di negara-negara Eropa tersebut dipimpin oleh Walikota Sabang Munawar Liza Zainal.  Sedangkan kalangan pengusaha Belanda yang hadir termasuk dari perusahaan perkapalan, perusahaan travel, asosiasi pengusaha perikanan, konsultan keuangan dan para pengusaha lainnya yang tertarik mempelajari potensi investasi di Sabang.
Pertemuan ini diawali dengan makan siang bersama pengusaha dan pihak KBRI Den Haag dan rombongan Walikota Sabang. Dalam pembukaan pertemuan tersebut, Kuasa Usaha KBRI Umar Hadi  mengatakan bahwa Sabang dan Aceh merupakan wilayah yang sangat strategis serta mempunyai potensi yang sangat besar untuk dikembangkan.  Karena itu pihaknya siap memfasilitasi dan mempromosikan Sabang untuk mempercepat kemajuannya dimasa akan datang.  Umar juga menawarkan agar Sabang dan Aceh dapat berpartisipasi pada Pasar Malam Indonesia di Malieveld Den Haag yang akan digelar pada awal tahun 2012.
 Sementara itu, dalam pertemuan tersebut Walikota Sabang Munawar  Liza Zainal memaparkan 3 hal di depan para pengusaha Belanda yang memadati ruang Nusantar  KBRI, Den Haag yaitu letak geografi Sabang, sejarah hubungan Sabang dan Aceh dengan Belanda dan serta potensi dan kelebihan Sabang. Munawar juga menyampaikan beberapa insentif bagi kalangan penguasaha yang berminat berusaha di Sabang seperti adanya kebijakan bebas bea masuk dan pajak barang mewah di kawasan Sabang, serta kemudahan perizinan satu atap yang dikoordinir dibawah BPKS.
Selain itu Munawar juga menyampaikan bahwa pertemuan dengan pengusaha   Belanda ini dimaksudkan untuk mempromosikan potensi alam dan pariwisata Aceh khususnya Sabang kepada masyarakat Belanda. “Belanda merupakan pintu gerbang Eropa yang sangat penting dan strategis untuk memajukan suatu kawasan pariwisata Sabang dan Aceh” kata Munawar. Munawar Liza yang didampingi Deputi Umum BPKS Lukman Age, Kepala Bidang Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sabang M. Ali Taufik,  Ketua Rumoh Aceh Internasional Fauzi Umar, Dr. Muhammad Subhan, anggota DPRK Kota Banda Aceh Mukhtar, Zulfan dan Muhammad Taufik.
Pada pertemuan tersebut sejumlah pengusaha berminat untuk melihat langsung potensi Sabang, dan menjajaki untuk melakukan kunjungan langsung ke Sabang dalam waktu dekat. Bahkan salah satu pengusaha Tour dan Travel, yakni Deva Tour yang berbasis di Utrech akan menjual paket promosi ke Sabang dengan harga khusus discount hingga 50 % untuk turut mensukseskan Sabang Regata Internasional pada bulan September 2011 ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar